TUGAS 3 ILMU BUDAYA DASAR

ILMU BUDAYA DASAR

TUGAS 3

 1.      Uraikan peran kelompok masyarakat yang ada di kawasan Tanah Abang berdasarkan lokasi/objek  pengamatan saudara?

2.      Apa pendapat anda tentang perkembangan kawasan Tanah Abang yang ada lihat!

3.      Apa yang menarik dari kawasan Tanah Abang? 

 

             Berdasarkan observasi yang telah saya lakukan beberapa waktu silam, saya dapat melihat peran kelompok masyarakat yang ada di kawasan Tanah Abang sangat erat, walaupun mereka berasal dari ras yang berbeda, tetapi kehidupan sosial mereka sangat baik, bisa dilihat dari sikap saling membantu antar pedagang, seperti yang saya lihat di lantai dasar, saat saya berada di sebuah toko baju, saya menanyakan baju yang saya inginkan dan di toko tersebut tetapi tidak ada yang sesuai, lalu pedagang itupun dengan segera menyarankan saya ke toko di sebelahnya dan atas rekomendasi beliau saya mendapatkan baju yang saya inginkan. Para pedagang di tempat ini senantiasa tidak menjatuhkan pedagang lain, melainkan turut membantu kawan dagangnya mendapatkan pelanggan. Tidak ada kesenjangan sosial di tempat ini, semua pedagang mempunyai peran yang sama dan tidak ada kecemburuan di antara mereka. 

            Walaupun saya tidak pernah melihat langsung keadaan kawasan Tanah Abang, tetapi dari artikel-artikel dan foto-foto yang saya lihat, terdapat perbedaan yang sangat mencolok, terutama kepadatan yang terjadi. Menurut narasumber pada saat saya melakukan observasi beberapa waktu silam, kawasan Tanah Abang sudah berbeda sama sekali. Dulu belum seramai saat ini dan belum banyak perantau yang mencari nafkah dengan cara berdagang di tempat ini. Sekarang banyak sekali masyarakat yang bergantung pada tempat ini. Jangankan di pasar Tanah Abang, di pinggir-pinggir jalan dan di pemukiman-pemukiman warga menjadi tempat berdagang. Tidak ada celah sedikitpun yang disia-siakan oleh pedagang di tempat ini. Saya juga melihat bahwa di tempat ini sangat padat hingga para pedagang mengambil bahu jalan sebagai tempat berdagang tanpa memperdulikan keselamatan mereka.

           Menurut saya hal yang paling menarik adalah susunan blok-blok di dalam pasar Tanah Abang yang sangat unik. Terlihat padat tetapi tersusun rapih. Walaupun banyak sekali blok-blok, tetapi dapat dipastikan pengunjung yang datang ke tempat ini tidak akan tersesat. Kemudian yang menarik yaitu kemacetan di depan pasar Tanah Abang. Tidak terbayangkan apabila melihat kemacetan seperti itu setiap hari, mungkin bisa sakit kepala setiap hari. Tempat parkir kendaraan bermotor tidak kalah menariknya. Berlokasi di lantai teratas gedung pasar Tanah Abang terlihat sangat menarik, karena hanya di tempat ini kita dapat merasakan memarkir motor di tempat tinggi. Tetapi ada pula hal yang membuat sakit hati, yaitu harga makanan yang sangat mahal. Saat saya melakukan observasi dengan dua teman saya, kami menyempatkan diri untuk makan siang disana. Kami membeli makanan di luar pasar, dan saat selesai makan kami terkejut dengan harga yang disebutkan oleh pedagang tersebut yang nilainya di atas harga rata-rata makanan tersebut. Pada akhirnya kami merasakan penyesalan makan di kawasan ini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s